Jenis-jenis Minuman Hasil Racikan Kopi



.konnichiwa minna
.di posting sebelumnya admin udah ngasih tahu jenis2 kopi,
.untuk postingan kali ini, admin ingin ngasih tahu tentang minuman hasil racikan kopi
.emang udah banyak disajikan di kafe2, tapi disini ada juga yang dijual di angkringan
.langsung aja, cekidot

Jenis-jenis  Minuman Hasil Racikan Kopi

 ESPRESSO


Espresso dibuat dengan mesin brewing khusus. Bijih kopi diletakkan di dalam mesin kemudian air dialirkan dengan tekanan sangat tinggi. Akibatnya ekstrak kopi turut keluar bersama air. Hasilnya keluar dari lubang kecil pada bagian bawah mesin tersebut. Seluruh bijih kopi yang tersisa di dalam mesin harus dibuang dan diganti dengan yang baru jika ingin membuat kopi yang berikutnya.

Trivia : mesin pembuat espresso tersebut pertama ditemukan oleh Luigi Bezzera dari Italia pada tahun 1901. Di Italia, espresso diminum dalam takaran kecil setelah makan siang atau malam.

CAPPUCINO

Cappuccino merupakan resep yang sangat populer. Kopi ini punya tiga komposisi utama : espresso, susu (steamed milk), dan foam. Cappuccino merupakan salah satu jenis hidangan kopi paling populer di dunia yang mempunyai ciri khas adanya foam setebal kurang lebih 2 cm pada bagian permukaan. Menurut Wikipedia, kopi ini adalah jenis yang paling sulit dihidangkan dengan benar.

Trivia : orang Italia hanya minum cappuccino pada pagi hari, sebelum jam sebelas. Sementara di belahan dunia lain, cappuccino biasa diminum kapan saja.

MACCHIATO

Macchiato adalah espresso ditambah sangat sedikit susu yang tidak diaduk namun terkesan seperti ‘diendapkan’ di bagian atas espresso agar melapisinya (karena jumlahnya yang sedikit). Berbeda dengan cappuccino yang memang merupakan campuran espresso dan susu, pada macchiato susu berfungsi untuk melapisi espresso dari udara terbuka dengan takaran tipis.

Trivia : selain sejumlah kecil steamed milk, kadang digunakan milk foam. Hal ini untuk menandai bahwa kopi tersebut mengandung susu. Macchiato ini punya nama lengkap espresso macchiato.

CAFE LATTE

Caffè Latte ditemukan bukan di Italia, adalah resep kopi yang populer di Amerika. Latte berasal dari bahasa Italia yang artinya susu. Jadi andai anda memesan latte di kafe-kafe Italia, anda akan mendapatkan segelas susu. Caffè latte (untuk membedakan dengan susu murni), terdiri atas sepertiga espresso dan dua per tiga susu, ditambah sedikit foam setebal 5-10 mm di atasnya.

Trivia : minuman ini mungkin cukup disebut ‘kopi susu’ di Indonesia. Di Prancis, namanya café au lait, di Spanyol, namanya café con leche, dan di Portugal, namanya café com leite .

LONG BLACK

Long Black populer di Australia. Kopi ini adalah ‘espresso encer’, yang dibuat dengan cara menuangkan espresso di atas air panas. Air panasnya dulu, baru espresso. Urutan tersebut dimaksudkan supaya tidak merusak crema yang terdapat pada espresso. Hidangan kopi model ini banyak menggunakan bahan bijih kopi yang berasal dari Ethiopia (Arabica) dan Sumatera.

Trivia : jika anda menaruh espresso dulu baru air panasnya, maka disebut cafe americano. Yang membedakan antara Long Black dan Americano adalah urutan penyajiannya.

FRAPPUCINO

Diciptakan oleh Coffee Connection di Boston, hak cipta frappuccino ini kemudian dibeli oleh Starbucks. Istilah frappuccino berasal dari kombinasi frappe dan cappuccino. Frappe merupakan istilah untuk milk shake yang kental.

KOPI TUBRUK

kopi ditumbuk secara tradisional (masih banyak butiran2 kasarnya) disedu,trus lansung diminum saat maseh panas, butiran2 kasarnya agak digigit dan diisap2, itulah nikmatnya tubrukan butiran kasar

KOPI KHOTOK

kopi tumbuk tradisional, direbus bersama aer dan gula dalam rantang
atau gerabah, sensasinya tak kalah hebohnya dng kopi racikan angkringan top manapun

Flat White

Tipe Kopi ini berasal dari Australia dan New Zealand Disajikan dengan ditambahkan steamed milk di bagian bawah pitcher ke single atau double espresso. Mirip dengan Latte.

Liqueur Coffee

Kopi yang diberi tambahan 25 ml Liquor. Disajikan di gelas/cup khusus liqueur coffee yang bening, dengan kopi dan bahan tambahan yang dipisahkan agar terlihat menarik. Sebelum dituangkan, liquor dicampur dengan gula dan dituang sebelum kopi. Serta ditambahkan whipped cream diatasnya.

Americano

Espresso dengan lebih banyak air, sehingga rasa kopinya tidak begitu kuat. American –style coffee atau Americano, disajikan dalam gelas besar.

Café Mocha

Nama lain Mochacinno Dibuat dari espresso dan coklat panas(harus sangat kuat dan pekat), kemudian diberi susu panas berbuih. Di atasnya ditambah bubuk coklat, kayu manis dan whipped cream.

Marocchino

Espresso dengan sedikit susu panas dan coklat bubuk.

Granitta di caffe con panna

Mirip dengan Macchiato Merupakan jenis minuman kopi dingin es salju dengan whipped cream diatasnya

HAMMERHEAD

Hammerhead berisi espresso dalam takaran cangkir regular, yang kemudian diisi beberapa tetes kopi. Peracik kopi biasa menyebutnya "tembakan dalam gelap".

FRAPPE

Biasanya, kopi ini disajikan dingin. Untuk membuatnya, kopi, gula, air, dan es disajikan dengan takaran satu hingga dua sendok teh. Minuman ini sering kali ditempatkan ke dalam gelas panjang dengan diberi es batu dan susu.

Irish Coffee

Kopi Hitam yang dicampur dengan whiskey

Kopi luwak

Kopi Luwak adalah seduhan kopi menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak.dan kopi ini paling mahal didunia.

Kopi Joss

Minuman ini sudah tidak asing bagi masyarakat Yogyakarta, pernah tinggal di Yogyakarta dan tentu saja bagi orang-orang yang pernah menikmati. Kopi Jos ini Kopi memang termasuk jenis minuman yang mudah ditemui. Hampir setiap tempat makan menyediakan kopi. Namun hanya di Yogyakarta kita dapat menemui Kopi Jos dan tentu saja menikmatinya. Segelas kopi panas yang dimasuki arang dengan bara api. Dapat ditemui di angkringan daerah stasiun tugu. Di tempat tersebut banyak pilihan angkringan yang menyediakan kopi Jos dengan keunggulan masing-masing angkringan.

Shake Kopi & Peach

Bahan:
750 ml susu cair
2 sdt kopi bubuk instan
250 g buah peach kalengan, tiriskan, potong-potong
75 ml sirop vanili
200 ml es krim vanili
Cara membuat:
# Tuangkan susu dalam mangkuk blender.
# Tambahkan kopi, buah peach, dan sirop vanili. Proses hingga lembut.
# Masukkan es krim, proses kembali hingga tercampur rata.
# Tuangkan ke dalam 5 buah gelas saji.
# Sajikan dingin.
Untuk 5 gelas @ 200 ml

Banana coccoffe.

bahan
-1 oz expresso single
-1 pisang susu
-120 ml susu coklat
-skm coklat/coklat pasta 1 sendok kecil
-1 sendok kecil bubuk coklat/kakao
-eskrim coklat 3 scup
-1 scup es batu
-1 sendok kecil syrup ( bila dperlukan)
-2 oreo (tanpa selai untuk bahan)
-potongan pisang untuk topingnya

Kopi Durian
 
1. Kopi yang digunain kopi tubruk(sesuai selera masing2)
2. Buah durian matang
3. Gula sesuai selera
cara pembuatan seperti pembuatan kopi biasa,tapi finishingnya adalah setelah jadi,kopi ditambah buah durian. Masukin aja daging buahnya ditunggu sebentar
Frappe Oreo
Double Espresso
Syrup Caramel
Creamer Powder
Susu cair Putih
Oreo 3pcs, 2 diblend, 1 garnish
es serut
cara bikin blender semua

Kopi Karamel
 
Bahan Bahan Untuk Membuat Kopi Karamel :
* Kopi instan 2 sendok
* Gula pasir 3 sendok makan
* Air 2 sendok makan
* Air hangat 400 ml
* Whipping cream kocok secukupnya
Cara Membuat Kopi Caramel :
1. Campur gula pasir dan air, masak diatas api kecil hingga kecoklatan (karamel)
2. Tuang air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk dan dimasak hingga karamel larut
3. Masukkan kopi kedalam cangkir
4. Tuang larutan karamel, aduk hingga rata dan kopi larut
5. Semprotkan whipping cream kocok secukupnya..
6. Sajikan segera

Kopi Antangin (ANTi mAsuk aNGIN)
 
Bahan:
-. Kopi Bubuk tergantung selera
-. Gula pasir
-. Jahe
-. Garam
Cara Membuat:
-. sedu kopi bubuk dengan suhu air 85-90 drjt/celcius, atau jgn sampai mendidih
-. tambahkan gula secukupnya, aduk hingga larut
-.ambil sejimpit garam (ambil garam dengan jempol dan telunjuk) taburkan kedalam cangkir aduk hingga merata
-. bakar jahe sebesar satu ruas jari, setelah itu geprak hingga gepeng lalu celupkan kedalam kopi
diamkan sejenak
Kopi Antangin siap di hidangkan..

Khasiat:
dapat mencegah masuk angin dikala kita sedang berada di alam terbuka. buat yg seneng naek gunung atau pun kegiatan pecinta alam lainnya.

.kira2 cukup sekian dan terima kasih.

sumber :  


You May Also Like

0 komentar

About Me