Janken Tournament di AKB48 dan JKT48



Janken Tournament di AKB48 dan JKT48

Turnamen janken yang diadakan di AKB48, awalnya merupakan ajang pemilihan senbatsu melalui suit batu-gunting-kertas. Yap, ini merupakan ide big bos Akimoto-sensei untuk memperkenalkan member yang jarang masuk senbatsu. Para member diperbolehkan mengenakan kostum yang unik dan beda. Karena di suit ini, mereka hanya mengandalkan keberuntungan. Alias bejo. Dan pemenang pertama akan menjadi center di senbatsu bersama 15 anggota terpilih lainnya.
Pertama kali AKB48 mengadakan turnamen janken adalah tahun 2010 untuk single ke-19, dan berlanjut pada tahun 2011, 2012, dan 2013. Namun mulai tahun 2014, pemenang turnamen janken diberikan single solo. Sedangkan member yang menempati urutan kedua hingga 16, berhak menyanyikan lagu sisi-B dalam single tersebut, dengan si pemenang kedua sebagai center.
Dan kali ini admin akan membahas mengenai turnamen janken yang diadakan di AKB sejak tahun 2010 hingga 2015, juga di JKT48 yang diadakan belum lama ini.

Tahun 2010, single ke-19 Chance no Junban, center : Uchida Mayumi
Dari 52 member yang berpartisipasi, terpilihlah seorang center yang bernama Uchida Mayumi dari Tim K. Member yang pertama kali berada di senbatsu antara lain Sato Sumire, Maeda Ami, Uchida Mayumi, Tanabe Miku, Nakatsuka Tomomi, Matsui Sakiko, Ishida Haruka, dan Chikano Rina. Nakagawa Haruka dan Takajo Aki juga terpilih sebagai senbatsu di single ini, yakni di urutan 4 dan 8.
Sementara itu, member langganan senbatsu sejak single Sakura no Hanabiratachi –Maeda, Takahashi, Itano, dan Kojima- hanya 2 orang yang terpilih di senbatsu single ini. Antara lain Kojima Haruna di urutan ke-4 dan Maeda Atsuko di urutan 15.

Tahun 2011,single ke-24 Ue Kara Mariko, center : Shinoda Mariko
Shinoda Mariko terpilih sebagai center untuk pertama kalinya. Ue Kara Mariko merupakan lagu yang dibuat secara khusus untuk dirinya. Yang mana ia merupakan member tertua dari segi usia, tertinggi –dari tinggi badan-, dan salah satu yang tersukses. Member yang pertama kali berada di senbatsu antara lain Oya Shizuka, Yamauchi Suzuran, Kobayashi Marina, Kuwabara Mizuki, Yamaguchi Yuuki, dan Hikawa Ayame. Dan Maeda Atsuko gagal dalam turnamen ini.

Tahun 2012, single ke-29 Eien Pressure, center : Shimazaki Haruka
Member yang pertama kali masuk senbatsu di single ini antara lain Nakata Chisato, Nakamura Mariko, dan Ueno Kasumi. Dan Shimazaki Haruka atau Paruru  adalah member yang terpilih sebagai center. Kojima Haruna yang selalu terpilih menjadi member senbatsu hingga pada  turnamen janken sekalipun, kali ini gagal meraih posisi. Alhasil, ini adalah senbatsu tanpa Kojima Haruna. Tidak ada member AKB48 yang menyanyikan lagu senbatsu secara komplit.

Tahun 2013, single ke-34 Suzukake Nanchara, center : Matsui Jurina
Judul lagu untuk single ini sebenarnya sangat panjang, dan menjadi lagu dengan judu terpanjang dalam sejarah AKB48. Suzukake Ki no Michi de “Kimi no Hohoemi wo Yume ni Miru” to Itteshimattara Bokutachi no Kankei wa Dou Kawatteshimaunoka, Bokunari ni Nannichi ka Kangaeta Ue deno Yaya Kihazukashii Ketsuron no youna Mono. Matsui Jurina terpilih menjadi center tunggal setelah Oogoe Diamond.

Tahun 2014, Winner : Watanabe Miyuki. Judul Single : Yasashiku Suru Yori Kisu wo Shite
Tahun 2015, Winner : Fujita Nana. Judul Single : Migiashi Evidence
Tahun 2016, akan dilaksanakan 10 Oktober mendatang di Kobe World Memorial Hall. Akan dibentuk sub-unit baru untuk member yang meraih peringkat 1 sampai 7. Sedangkan posisi 8 sampai 14 akan menyanyikan coupling song. Pemenang JKT48 Janken Tournament berhak ikut setra dalam pemilihan ini.


Janken Tournament JKT48

Diselenggarakan tanggal 19 Agustus di Balai Sarbini. Dan terpilihlah pemenang yang berhak menjadi center di single ke-14, Sinka Juliani. Adapun ke-16 member yang berada di senbatsu antara lain :

  1. Sinka Juliani (Team KIII)
  2. Ni Made Ayu Vania Aurellia (Team T)
  3. Viviyona Apriani (Team KIII)
  4. Adriani Elisabeth (Trainee)
  5. Feni Fitriyanti (Team T)
  6. Thalia Ivanka Elizabeth (Team J)
  7. Yansen Indiani (Team T)
  8. Nadhifa Salsabila (Team T)
  9. Riskha Fairunissa (Team KIII)
  10. Gabriela Margareth Warouw (Team J)
  11. Alicia Chanzia (Team KIII)
  12. Devi Kinal Putri (Team KIII)
  13. Sendy Ariani (Team J)
  14. Jessica Vania (Team J)
  15. Haruka Nakagawa (Team T)
  16. Jennifer Rachel Natasya (Team J
Dari berbagai sumber

  

You May Also Like

0 komentar

About Me